Sabtu, 14 Maret 2009


1. Untuk modifikasi mesin lebih mengutamakan perubahan dari exhaust system full set. Racikannya dapat dimulai dari manifold, pipa depan, pipa tengah hingga ke mufler. Lebih lanjut Dalvin menambahkan, "filter udara serta intake sistem juga perlu mendapat perhatian dan sentuhan korekan".

2. Langkah kedua yang biasanya dilakukan ialah merubah suspensi menjadi lebih baik agar dapat menunjang handling mobil saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk perubahan suspensi dasar biasanya hanya mengganti per standar dengan per aksesoris yang mempunyai kemampuan lebih dari pada aslinya. Bial masih dirasa kurang, maka anda dapat melanjutkan lagi dengan pemakaian strut bar, under brace.
Sementara itu bila dengan kedua hal diatas masih dirasa kurang puas, maka disarankan untuk mengganti suspension kit secara keseluruhan dengan sistem adjustable. Perangkat suspensi tersebut memungkinkan anda untuk mengatur keras lembutnya perangkat peredam kejut tersebut. Spesifikasi adjustable terasa manfaatnya bagi anda yang memiliki hobi memacu All New Jazz dalam lintasan sirkuit.

Penggantian kapas rem pun juga harus melihat titik panasnya agar kinerjanya tidak terhalang oleh suhu yang melewati batas ketika mobil berjalan. Normalnya kampas rem mampu menahan hawa panas (titik panas) dari 0-200 derajat, bila untuk kebutuhan advance cukup mengandalkan kampas yang berkekuatan 0-500 derajat, setingkat lebih tinggi yakni 0-700 derajat.
Selang rem juga perlu mendapat peninjauan, melihat selang rem asli terbuat dari bahan karet maka bila sudah melewati batas normal pemakaian dapat memuai karena panas. Menyikapi hal tersebut anda dapat menggantinya dengan selang rem yang memiliki ketahanan lebih baik dan pilihlah selang rem yang terbuat dari teflon sehingga lebih kuat untuk menahan panas. Dengan demikian pressure yang dihasilkan dari pedal rem saat pengereman tetap memberikan daya dorong yang kuat.
[nus/timABT, Source : Dalvin / CK Motorsport, Jl. Panjang No. 7 Arteri Kedoya Raya Jakarta]